Home » » Cara Download File Torrent Menggunakan uTorrent

Cara Download File Torrent Menggunakan uTorrent

Written By Aulia Rahman on Senin, 06 Mei 2013 | 21.30

uTorrent
Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel LinTekSi sebelumnya yang membahas tentang "Pengertian Torrent, Tracker, Peer, Leecher Dan Seeder". Berlanjut dari pembahasan artikel tersebut Admin ingin kembali berbagi tips tentang cara mendownload file torrent dari internet, dalam hal ini kita akan menggunakan program gratis (freeware) uTorrent sebagai torrent client-nya yang dilengkapi pula dengan tutorial langkah-langkah pengisntalannya. Sebelumnya download terlebih dahulu programnya disini atau disini.
Kemudian double klik untuk membuka programnya , maka akan terlihat tampilan seperti dibawah ini.
uTorrent Setup - Choose Language
Pilih bahasa yang diinginkan. Bagi Anda yang masih pemula, saya menyarankan tetap menggunakan pilihan (System Default) dan tekan [OK].
uTorrent Setup - Download Language
JIka Anda sedang terkoneksi ke internet, uTorrent akan mendownload dukungan bahasa yang Anda gunakan. Hal ini mungkin akan berlangsung beberapa saat dan tunggu hingga prosesnya selesai.
uTorrent Setup - Welcome
Di tampilan selanjutnya, klik [Next >].
uTorrent Setup - Warning
Klik [Next >].
uTorrent Setup - License Agreement
Klik [I Agree].
uTorrent Setup - Choose Install Location
Klik [Next >].
uTorrent Setup - Configuration
Beri tanda centang pada pilihan :
# Add an exception for. . . . .
Pada pilihan # Start uTorrent when Windows. . . . .  tergantung pada kepentingan Anda. Karena pilihan ini berfungsi untuk mengaktifkan uTorrent pada saat komputer dihidupkan.  Namun, Admin menyarankan agar pilihan ini di nonaktifkan. Yakni menghilangkan tanda centangnya dan kemudian klik [Next].

uTorrent Setup - Browser Bar
Selanjutnya hilangkan semua tanda centang pada semua pilihannya dan kemudian klik [Install].
uTorrent Main Screen
Klik Untuk Memperbesar Tampilan Gambar
Setelah proses instalasi selesai maka terlihatlah tampilan depan dari uTorrent seperti diatas. Sekarang Anda sudah dapat mendowload torrent dengan menggunakan uTorrent. Download terlebih dahulu file torrentnya dari internet, Anda bisa mendownloadnya di situs ExtraTorrent.com. Kemudian buka file torrentnya dan akan terlihat tampilan seperti dibawah ini :
uTorrent - Add New Torrent
Klik Untuk Memperbesar Tampilan Gambar
Pada kolom Save In, pilih lokasi penyimpanan torrentnya. Sedikit tips dari Admin, pastikan lokasi penyimpanannya adalah lokasi yang tetap. Artinya setelah proses download selesai, anda tidak memindahkan file ke lokasi ataupun folder yang lain. Bila perlu buatlah sebuah folder baru yang khusus menampung semua file-file torrent yang akan download selanjutnya. Agar susunannya tetap rapi dan indah dipandang mata, buatlah sub-folder sesuai dengan kategorinya seperti software, game, movies, lagu, gambar dll.
Kemudian perhatikan pada kolom Torrent Content, Anda tidak diharuskan memilih semua isi torrentnya tapi cukup pilih (dengan memberi tanda centang) file torrent yang Anda perlukan saja. Contoh pada tampilan yang Admin lampirkan diatas, disana kita akan mendownload file Sammy Adventure 2 - 2012 - DVDRip. Sebenarnya yang menjadi prioritas kita adalah mendownload file exvid-sammy2.avi, sedangkan ketiga file dibawahnya adalah file tambahan Anda boleh mendownload ataupun mengabaikannya. Pada urutan ketiga yaitu folder Subs yang berukuran 17, 4MB; folder Sub berisi subtitle English film Sammy Adventure 2 - 2012 - DVDRip. Bagi kita orang Indonesia mungkin tidak membutuhkannya dan Anda bisa mengabaikanya.
Jika Anda telah selesai dengan settingan diatas klik [OK].
Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman Utama uTorrent dan proses download pun langsung berjalan.
uTorrent Main Screen
Klik Untuk Memperbesar Tampilan Gambar
Bagi Anda pengguna modem mobile dimana akses internet Anda dibatasi oleh kuota setiap bulannya, untuk langkah menghemat kuota Anda bisa melakukan penurunan batasan kecepatan uploadnya dengan klik kanan pada icon uTorrent di sistem tray, kemudian pilih Upload Limit. Biasanya Admin menggunakan limit pada batasan 5-10 kb/s. Tergantung juga pada jumlah torrent yang sedang seed. Jika jumlah torrent seednya diatas 10 Anda bisa menggunakan limit 3-5 kb/s, namun jika kurang dari 10 Anda bisa menaikkan limitnya manjadi 5-10 kb/s.
uTorrent - Download and Upload Limit
Sekiranya hanya sampai disini tutorial tentang Cara Download File Torrent Menggunakan uTorrent. Admin ucapkan selamat bereksperimen dan semoga Anda berhasil. Sampai jumpa di tutorial berikutnya.
 
http://linteksi.blogspot.com/2012/12/cara-download-file-torrent-menggunakan-utorrent.html
Share this article :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. NEWS FILM - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website
Proudly powered by Blogger